Blog

Ampoule? Beda kah, dengan Serum? Apa Sih, Manfaatnya?

Kian beragamnya produk perawatan kulit seiring berkembangnya teknologi, kadang membuat kita agak kebingungan nggak, sih? Belum lagi, ada sedikit perbedaan ragam skincare, dari dunia kecantikan Barat, hingga Korea. Tenang aja, girls, karena kamu nggak sendirian kok!

Seperti skincare routine regime yang dipopulerkan oleh warga Korea Selatan, which most of us have probably familiar with, 10 steps Korean skincare routine. Dari banyaknya produk yang digunakan dalam rangkaian tersebut, biasanya kita akan berpikir, dari yang paling mirip, bedanya ampoule dengan serum apa, sih? Do we really need all of them, when they all kind of look the same?

Pada langkah skincare routine, serum biasanya diaplikasikan setelah penggunaan essence, barulah dilanjutkan dengan ampoule. Serum sendiri memiliki kandungan bahan aktif lebih tinggi dibandingkan produk skincare lainnya, juga bertekstur halus dan cair, dengan bahan dasar air atau minyak. Dari kegunaannya pun, serum bekerja dengan efektif pada masalah spesifik pada kulit.

Sedangkan ampoule, bekerja lebih optimal dalam memerangi masalah kulit tertentu, oleh karena bahan aktif yang dikandungnya jauh lebih terkonsentrasi. Ampoule juga memiliki tekstur yang lebih licin dan cair daripada serum, sehingga mudah terserap oleh kulit, girls. Jika kamu rutin menggunakannya, dibarengi dengan penggunaan moisturizer, essence, serum, dan sejenisnya, maka hasil yang maksimal pun bisa kamu dapatkan dengan cepat. Because, admit it, who doesn’t want that healthy glowing skin?

Read more

Atasi Stress di Era New Normal, It Starts from Within!

Sejak berlakunya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) pada awal Maret lalu, daerah ibukota Jakarta akan segera menerapkan new normal, sehubungan dengan berhentinya PSBB tersebut, girls. New normal yang dimaksudkan pemerintah Indonesia bertujuan untuk tetap menjaga produktivitas kita dalam situasi pandemic Covid-19 ini. Bukan berarti menyerah dengan keadaan loh, hidup berdampingan dengan virus corona berarti beradaptasi dengan keadaan yang baru, sementara pemerintah akan tetap berusaha menemukan vaksin yang sesuai.

Perilaku dan kebiasaan yang baru juga mesti diterapkan agar kita bisa melewati hari-hari dalam era new normal ini. Memakai masker saat keluar rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta yang terpenting adalah rajin mencuci tangan. Tempat umum seperti sekolah, kampus, tempat ibadah, pusat perbelanjaan pun juga sudah mulai menerapkan kedisiplinan ini, girls, jadi jangan khawatir, ya! :)

Kesehatan mental selama pandemic 

Read more

3 Tips Menggunakan Highlighter Tanpa Terkesan Berlebihan

Get up and glow up, begitu jargon yang sering digaungkan millenials belakangan ini. Well, thank God for highlighters, yang bisa membuat look kita makin sempurna dan segar. Nggak heran kalau banyak dari kita yang juga mengaplikasikannya pada beberapa bagian tubuh seperti pundak atau collarbone.

Nggak hanya untuk makeup look yang glam, highlighter juga bisa digunakan pada natural look. Be it just a touch of shimmer or blinding, Kay punya tipsnya buat kamu yang masih ragu-ragu untuk memakainya!

Gunakan highlighter yang tepat

Highlighter yang sesuai untuk semua jenis kulit bisa dinilai dari tekstur dan formulanya. Seperti Let Me Glow Highlighter dan Masami, yang memiliki tekstur creamy powder, yang mampu menyatu sempurna dengan kulit setelah pengaplikasian. Selain itu, highlighter ini juga mengandung moisturizing agent, sehingga nggak meninggalkan dry patches.

Formulanya pun dapat kamu build-up untuk intensitas shimmer sesuai keinginan. Terdapat dua shade yang cocok banget pada setiap jenis kulit, yaitu Stardust dan Golden Sun. You can experience your own kind of glow anytime-anywhere, karena bentuknya yang compact dan dilengkapi dengan cermin di dalamnya. What more can you ask for a piece of highlighter? ;)

Aplikasikan pada area yang tepat

Read more

No More Bau Mulut Selama Puasa, Ini Tipsnya!

Pada minggu kedua Ramadhan ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan yang baik ya, girls! Nggak terkecuali untuk kalian yang nggak berpuasa, bahkan bagi sebagian dari kita yang masih harus bekerja di tengah pandemic ini. Salute!

Anyway, selama berpuasa, biasanya ada beberapa efek tertentu karena nggak banyaknya cairan yang masuk ke dalam tubuh selama beberapa jam sejak subuh. Hal tersebut di antaranya, bibir kering dan pecah-pecah, hingga bau mulut. Biarpun lagi di rumah aja dan nggak bertemu dengan orang lain di luar rumah, menjaga “kecantikan” diri nggak boleh absen ya, girls. Worry not, karena Kay punya beberapa trik jitu yang ingin Kay bisikin, khusus buat kalian!

Kenapa bisa bau mulut, ya? 

Bau mulut memang cukup mengganggu ya, girls, nggak hanya bagi orang lain, tapi kita sendiri pun jadi ikutan nggak pede. Seperti dikutip melalui Kompas Health, Dokter Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati, M.D.Sc., menjelaskan bahwa bau mulut yang timbul saat orang berpuasa merupakan proses yang normal atau fisiologis. So, nggak perlu panik ya, girls.

Beliau juga menambahkan, bahwa bau mulut disebabkan karena saat perut kosong, asam lambung meningkat, dan menguap keluar melalui rongga mulut, jadilah bau yang nggak sedap itu muncul. Tapi nih, girls, bau mulut juga bisa disebabkan oleh nggak terjaganya kebersihan mulut, loh. Hmm… coba yuk, cek diri masing-masing, sudah rajin kah kamu membersihkan mulut dan gigi sebelum berpuasa? Nggak usah tuduh-tuduhan, ya! ;)

Read more

Ni Putu Chandra: Bikin Mie Instan Aja Butuh Waktu untuk Masak, It’s About the Process

Welcome back to the next edition of our special theme of Beauty Diary, girls! We hope you are doing well during this quarantine, ya. Juga, pada bulan Ramadhan ini, Kay ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, semoga semuanya dilancarkan sampai Idul Fitri lagi. Stay safe, everyone! :)

This time, #KayTalk ajak our next favorite beauty enthusiast, yaitu Ni Putu Chandra. Oleh karena berbagai konten bertema kecantikan pada Instagram gadis yang akrab disapa Tutu ini, Kay tertarik banget untuk diceritakan tentang kisah awal mulanya mengenal makeup hingga hari ini. Gimana nggak, kalau makeup yang dia tonjolkan ini bikin mata kita nggak bisa berpaling dari setiap detail indahnya? *double heart-eyes emoji*

Nah, pada beberapa waktu lalu, Tutu akhirnya dengan senang hati ceritain ke Kay tentang prosesnya dalam mengenal makeup, yang ternyata punya pesan-pesan menarik di baliknya. Now, Tutu yang tadinya cuma bisa kita lihat di Instagram mau bagi-bagi kisah ke kalian nih, biar makin dekat dan siapa tau, dari beberapa cerita Tutu ini ada yang relate ke kamu, girls!

Mulai discovering makeup pada usia berapa? 

Seperti sebagian besar dari kita, waktu kecil Tutu juga pernah bereksperimen dengan lipstick ibunya sampai rusak loh, girls. Hehe… hayo, yang pernah coba angkat tangan! Tapi usia di mana Tutu benar-benar sadar bahwa ia into makeup, ketika dia berusia 18–19 tahun, saat mulai discovering pengaplikaisan eyebrow pencil.

“Belajar bikin alis sendiri, ya, walaupun dari cuma segaris doang,” tuturnya. Hmm… Kay setuju deh dengan Tutu, belajar alis memang cenderung diawali dengan bentuknya yang nggak simetris dulu, until you do it more often and get it all perfecto!

Produk makeup apa yang paling pertama kamu gunakan waktu itu? 

Seperti yang Tutu ceritakan di atas, dia pernah nggak sengaja merusak lipstick ibunya, which marked as the first makeup item yang dia pernah gunakan. Tapi menurutnya, yang menjadi titik awal hingga akhirnya ia jadi benar-benar suka makeup adalah pensil alis tadi, dan eyeliner.

Tutu suka banget dengan eyeliner saat itu karena lihat beberapa orang seniornya yang menggunakannya dengan baik. Lagi-lagi, pengaplikasian eyeliner olehnya saat itu juga harus melalui proses belajar, meski awalnya nggak simetris. “Akhirnya aku rutin pakai eyeliner ke kampus selama setahun,” ujarnya.

Nggak auto-bisa, Tutu awalnya sempat yang nggak pede pakai pensil alis ke luar rumah, sampai pada suatu titik di mana dia berpikir bahwa it’s part of the process, sampai kapan nggak berani kalau nggak dicoba? “Terserahlah, mau orang ngeliatin aku aneh atau apalah, yang penting aku belajar.”

Read more

#PasstheBrush Challenge: Cara Baru Keep in Touch Kala Self Quarantine

How’s your self-quarantine going so far, dear? Sudah hari ke berapa, atau bahkan minggu ke berapa kamu social distancing hingga hari ini? Well, berapa lamapun itu, Kay hopes you are doing well! :)

Namun, dengan berlangsungnya self-quarantine ini, sadar nggak sih, kalau ternyata justru lebih mendekatkan kita dengan orang-orang tersayang? Yang tadinya kamu pergi pagi dan pulang malam, justru sekarang bisa menikmati makan siang hingga makan malam dengan keluarga kamu. Your mom must be very happy that her big family is home and eat her signature food!

Well, seeing how much lucky we are to be here with them, tentu kita tetap rindu dengan kerabat dan teman-teman kita, ya. Yang mana, mereka nggak bisa bertemu muka dengan kita langsung, apalagi kalau yang biasanya selalu hangout bareng setiap akhir pekan. Rasa-rasanya, mereka ada di wish list pertama kamu untuk jadi orang yang pertama kali kamu peluk ketika pandemic Covid-19 ini berakhir, nggak sih? Baru sekarang deh, terasa banget betapa berharganya waktu dan kebersamaan dengan orang-orang terdekat.

Read more

Laras Sita Faza: Belajar Mencintai Diri Sendiri Kunci untuk Tetap Cantik

Welcome to the first edition of #KayTalk! In this special theme of Beauty Diary, Kay secara khusus bagi-bagi kisah perjalanan cantik dari beauty enthusiasts kesayangan kamu, exclusively from our interview. Jadi kamu bisa lebih banyak tau deh, tentang rahasia dari mereka untuk tetap cantik yang tentunya nggak semua orang tau.

Sebagai pembukaan dari edisi spesial #KayTalk, kita punya Laras Sita Faza! Gadis cantik berkerudung ini saat Kay wawancarai cerita sedikit soal bumbu rahasianya, yang jelas followers kesayangannya tau, Laras selalu terlihat stand-out dalam berpenampilan. Because, tanpa semua orang sadari, setiap kaum hawa diberikan kelebihan yang sudah kita bawa sejak lahir, yaitu kecantikan. Tapi, sadar nggak sih kamu, kalau kamu sebenarnya sudah dibekali hati dan paras yang cantik sejak lahir? We all should, girls!

Setiap orang pasti punya permasalahan kulitnya sendiri, nggak terkecuali teman kamu yang super-mulus kayak nggak punya pori-pori, bahkan beauty vlogger favoritmu sekalipun. Since beauty’s been here since the first day we came on earth, tinggal gimana kita menjaga dan merawatnya aja, girls. Yuk, kita kulik bareng jurus-jurus jitunya Laras!

Skincare pertama Laras itu apa, sih, dan kenapa pakai itu? Penasaran, dong.  

Read more

Tips Anti-Gabut #DiRumahAja

Di tengah mewabahnya virus yang menyerang masyarakat secara global, pemerintah Indonesia maupun World Health Organization menetapkan status darurat nasional. Yes, Covid-19 atau Corona Virus yang cukup mengejutkan kita semua sejak merebak pada bulan Desember lalu di Wuhan, China.

Virus yang penyebarannya sangat cepat ini kemudian menyebar hingga ke penjuru dunia. Bahkan Italia yang terletak jauh banget dari China menduduki jumlah korban posisi tertinggi ketiga di dunia. Nggak heran kenapa penyebarannya sampai semasif itu, girls, mengingat mobilitas penduduk dunia cukup tinggi karena mudahnya transportasi antar negara.

Cara pemerintahan tiap negara berbeda-beda dalam pencegahan virus ini semakin menyebar. Beberapa negara seperti Italia, Perancis, dan Malaysia memberlakukan lockdown. Pengertian lockdown menurut Oxford University Press yaitu sebuah perintah resmi untuk mengendalikan pergerakan orang atau kendaraan di dalam suatu wilayah karena adanya situasi berbahaya.

Social Distancing 

Nah, di Indonesia sendiri memiliki kebijakan bagi warganya untuk melakukan social distancing. Berbeda dengan lockdown, social distancing berarti mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi tatap muka langsung dengan orang lain.  Aktivitas yang dimaksud juga termasuk menghindari pergi ke tampat ramai ya, girls. Which means, kamu mesti tahan dulu nggak nonton ke bioskop waktu weekend sama doi, atau nonton konser bareng sahabat-sahabat kamu. Well, if you really need to do outdoor activities then, paling nggak saling menjaga jarak sekitar satu meter dari orang lain, ya. Jangan sedih, it will end one day kok, dengan melakukan social distancing ini juga berarti mengurangi resiko semakin menyebarnya virus Corona yang nyebelin! Pokoknya jangan baper kalau pasangan kamu nggak bisa ngajak kamu jalan-jalan dulu belakangan ini, itu tanda sayang, kok. :)

Dengan adanya social distancing ini, pemerintah mengimbau bagi kita untuk melakukan aktifitas harian dari rumah. Sekolah diliburkan, dan orang yang bekerja melakukan remote working, atau istilah populernya, work from home.  Selain tetap produktif berkegiatan dari rumah, kamu juga nggak boleh melupakan kebiasaan baik lainnya ya. Nah, biar nggak gabut saat social distancing, berikut Kay mau bagi-bagi tips buat kamu yang #dirumahaja.

Read more

Floating Eyeliner, Tren Makeup Terhits yang Diajarin Langsung oleh Sonclirr

Tren gaya makeup kian bervariasi ya, girls. Mulai dari revolusi formula produk tertentu yang bisa menjadikan makeup versatile seperti ombre lips, juga beberapa teknik dalam pengaplikasian riasan mata yang akan Kay bahas bareng kali ini, yaitu floating eyeliner.

Floating eyeliner yang mirip tapi beda dengan variasi cut crease ini kian banyak dipopulerkan oleh selebriti papan atas dunia, as seen on the red carpet like these variations effortlessly pulled off by Kendall Jenner, Kristen Stewart, and Emma Watson. Atau yang beberapa kali terlihat digunakan oleh si young momma, Kylie Jenner. They make minimal liners look simply stunning!

Salah satu beauty influencers kesayangan Kay, Sonclirr hadir di beauty event yang diadakan pada 28 Januari 2020 lalu di Kay shop Gandaria City Mal. Spotted on her Insta, she often creates her own kind of floating liners that are definitely worth our attention for.

Floating eyeliner ini diaplikasikan dengan membuat garis di sepanjang crease mata, dengan nggak membuat blocking di tengah lash line hingga ke ujung eyeliner yang sudah ditarik garis tadi. Seperti ketika Sonclirr mempraktekkan cara mengaplikasikannya pada kelopak mata model, ia menyampaikan bahwa garis dibuat kurang lebih 1 mm di atas lash line ketika mata kita terbuka. Juga, tiap bentuk mata akan menghasilkan bentuk liner yang berbeda-beda pula, girls.

Read more

Kandungan AHA dalam Skincare, Apa Sih Manfaatnya?

Pasti sebagian besar dari kita sering banget mendengar ataupun membaca adanya kandungan AHA dalam skincare. Apalagi kalau beauty influencer kesayangan sudah mulai memberikan “racun” dalam best skincare versi mereka dalam Youtube channel-nya. Makin deh, penasaran, emangnya sebagus itu?

AHA merupakan singkatan dari Alpha Hydroxy Acids, yang nama kelompok jenis asam yang secara alami bisa ditemukan dalam makanan atau tanaman. Dalam skincare, biasanya jenis asam tertentu didapatkan dari beberapa makanan seperti buah anggur (asam tartarat), tebu (glikolat), susu asam (laktat), maupun apel (asam malat). Beragam, ya? Lantas, apa gunanya asam-asam tersebut buat kulit?

AHA pada kandungan skincare bekerja dengan cara mengelupas sel kulit mati yang menumpuk, sehingga memicu tumbuhnya lapisan kulit baru. Proses ini dinamakan dengan peeling atau pengelupasan kulit, yang pada akhirnya bikin kulit jadi lebih cerah dan glowing. Anyway, banyaknya sel kulit mati yang terkelupas tergantung pada jenis dan tingkat konsentrasi AHA, serta tingkat pH atau asam basa.

Manfaat dari proses peeling yang berupa chemical exfoliant ini banyak manfaatnya loh, girls. Seperti membantu proses pengelupasan kulit, mengencangkan dan menghaluskan kulit, membantu memudarkan luka bekas jerawat, membantu mengecilkan pori, serta mengurangi efek penuaan seperti kerut dan garis halus. Nah, kalau tipe kulit kamu termasuk jenis yang kasar, mengeksfoliasi kulit dengan skincare berbahan AHA would be the best solution!

Apa aja sih, skincare yang mengandung AHA? 

Hmm… the answer would be a lot, girls! AHA terkandung pada produk skincare seperti serum, face wash, makeup remover, toner, pelembap, scrub, masker, dan masih banyak lagi.  Beberapa di antaranya pasti sudah familiar bahkan sering kamu gunakan, kan? The best part would be, AHA ini mengandung bahan pelembap alami yang nggak meninggalkan kulit jadi kering setelahnya. That is why, AHA merupakan kandungan yang aman bahkan untuk jenis kulit kering sekalipun. Though you might want to consider a few things, seperti kadar zat AHA yang disarankan oleh BPOM biasanya nggak lebih dari 5%, girls.

Read more